Menggunakan Band 8 Pankromatik untuk Mempertajam Citra Landsat 8

Citra Landsat 8 dapat ditingkatkan ketajamannya dengan menggabungkan band 8 (pankromatik) ke dalam citra komposit RGB. Band 8 memiliki arti penting dalam image processing karena kelebihannya terkait resolusi spasial yang dimiliki. Dari 11 band yang dimiliki oleh landsat 8, resolusi spasial band 8 yang tertinggi, sebesar 15 m tiap pikselnya. Bandingkan dengan Band 1 s.d 6 yang hanya memiliki resolusi spasial 30 m. Penggabungan band 8 (pankromatik) ke dalam komposit citra RGB merupakan salah satu cara penajaman citra yang dikenal pula dengan istilah pan-sharpening. Software yang bisa melakukan proses ini cukup banyak. Ada yang gratis, ada pula berbayar. Bagi pecinta open sources, proses pan-sharpening dapat dilakukan dengan cukup baik oleh Spectral Transformer for Landsat-8 imagery. Untuk software berbayar, ArcGIS 10 dapat mengolah data dengan hasil yang lumayan baik pula. Sebagai bahan simulasi, pada proses ini akan digunakan citra landsat 8 kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai dan sekitarnya akuisisi Tahun 2013. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menggabungkan band 8 (pankromatik) ke dalam citra komposit RGB memanfaatkan software ArcGIS 10 :

Menajamkan Citra Landsat 8 11

  • Buka Arc Toolbox >> Raster >>Raster Processing >> Create Pan sharpened Raster Dataset.

Menajamkan Citra Landsat 8 1

  • Masukkan citra komposit 3-2-1 pada baris “Input Raster” (1); masukkan band 3 pada baris Red, band 2 baris Green dan band 1 pada baris Blue (2); beri nama dan pilih tempat penyimpanan out put data (3); pada baris Panchromatic Image, masukkan band 8 (pankromatik) (4); Klik “OK” (5).

Menajamkan Citra Landsat 8 2

  • Tunggu, mungkin proses agak lama. Setelah proses selesai, data out put akan muncul secara otomatis di layer TOC.

Menajamkan Citra Landsat 8 3

  • Coba bandingkan hasil antara sebelum dan setelah penggabungan band 8. Sebagai bahan perbandingan, berikut ini gambar jalan poros membelah savana TNRAW. Pada gambar terlihat bahwa tampilan gambar jalan setelah penggabungan (fusi) ternyata lebih tajam dibandingkan sebelum digabungkan. Citra setelah fusi memiliki resolusi 15 m, atau lebih tajam 2 kali lipat dibandingkan sebelum fusi (resolusi 30 m).

Menajamkan Citra Landsat 8 6

  • Penggabungan band 8 juga bermanfaat untuk mempertajam tampilan jaringan jalan Desa Roraya, Kec. Tinanggea, Kab. Konsel, dimana di kedua sisi jalan tersebut banyak ditumbuhi vegetasi.

Menajamkan Citra Landsat 8 7

  • Penggabungan band 8 juga mempertajam batas-batas tambak masyarakat di Kecamatan Lantari Jaya, Kabupaten Bombana. Batas-batas tambak agak kurang jelas sebelum dilakukan fusi.

Menajamkan Citra Landsat 8 10

Penutup

Dengan memperhatikan gambar-gambar di atas, terlihat bahwa band 8 (pankromatik) ternyata mampu meningkatkan kualitas citra RGB khususnya aspek resolusi spasialnya. Fungsi yang paling menonjol band ini berupa ketajaman bentuk, batas dan pola obyek pada citra landsat 8.

Selamat Mencoba.

Artikel Terkait:
Baca Juga artikel lainnya:

One thought on “Menggunakan Band 8 Pankromatik untuk Mempertajam Citra Landsat 8

  1. Ping-balik: perbandingan-penafsiran-citra-visual-dan-digital-untuk-analisis-penutupan-lahan-di-kawasan-hutan | Syafraufgisqu.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s