Cara Menyatukan Band Landsat 8 dengan Layer Stack ERDAS Imagine

Menggabungkan Band Landsat 8 dengan ERDAS Imagine - output natural color

Menggabungkan Band Landsat 8 dengan ERDAS Imagine – natural color

Selain ENVI, penggabungan band-band pada landsat 8 juga dapat dilakukan dengan ERDAS Imagine. ENVI dan ERDAS merupakan 2 software yang paling umum digunakan untuk pengolahan data raster (citra). Sebelum dilakukan proses penggabungan band, lakukan ekstraksi file terkompres yang baru didownload dari USGS, sehingga terbentuk folder berisi file-file band citra landsat 8. Pada tutorial ini memanfaatkan citra landsat 8 akuisisi bulan April 2013 untuk wilayah Sulawesi Tenggara bagian selatan. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menggabungkan band melalui layer stacking pada ERDAS Imagine :

  • Buka ERDAS Imagine. Klik ‘Interpreter’ (langkah 1), ‘Utilities’ (langkah 2), ‘Layer Stack’ (langkah 3), ‘Browse’ (langkah 4). Arahkan menuju folder tempat penyimpanan file band 1-11 dan BQA. Pada files of type arahkan pada pilihan ekstensi ‘TIFF’ agar file band citra muncul di monitor. File-file band yang akan kita ambil adalah file band 1 sampai dengan band 11 seperti pada langkah 5. Sisakan file BQA. Untuk menginput lakukan satu per satu.

menggabung band dengan erdas_1

  • Inputkan band 1 dengan klik tombol ‘browse’ (langkah 1), tambahkan ke kotak tersedia dengan klik tombol ‘Add’ (langkah 2). Ulangi langkah tersebut untuk band 2 sampai dengan band 11 secara berurutan. Lakukan browse untuk mengarahkan lokasi penyimpanan file out put dan berikan nama untuk file out put tersebut (langkah 3). Pada out put option biarkan pada pilihan ‘Union’. Jika kita mengharapkan data lebih ringan bisa di check list pilihan Ignore Zero in Stats. Klik tombol ‘OK’ (langkah 4).

menggabung band dengan erdas_3

  • Tunggu layer stacking berproses sampai selesai.

menggabung band dengan erdas_4

  • Tampilkan hasilnya dengan menggunakan ‘Open’ pada Viewer.  Untuk pengaturan kombinasi band klik tombol ‘Raster’ (langkah 1), lalu ‘Band Combinations’ (langkah 2).

menggabung band dengan erdas_6

  • Selanjutnya lakukan pengaturan band (langkah 1). Jika ingin menampilkan gambar mendekati natural color yang mudah diinterpretasi pada citra landsat 8 dapat memakai kombinasi band true color RGB 6-5-3 (sama dengan band 5-4-2 pada landsat 7). Klik ‘OK’ untuk melihat hasilnya (langkah 2).

menggabung band dengan erdas_5

Demikian, semoga bermanfaat.

9 thoughts on “Cara Menyatukan Band Landsat 8 dengan Layer Stack ERDAS Imagine

    • pertama, cb di tengah viewer klik kanan, pilih fit image to window. ntar kan muncul. kl blm muncul, lakukan pengcekan format apa masih tiff atau udah img. erdas bs langsung membaca img. kl mau membaca format tiff silahkan diatur format software membaca data tiff. kl sdh img tp tdk muncul, mungkin proses stacking blm sempurna. good luck.

  1. Ping-balik: perbandingan-penafsiran-citra-visual-dan-digital-untuk-analisis-penutupan-lahan-di-kawasan-hutan | Syafraufgisqu.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s