Komposit Band Citra Landsat 8 dengan ArcGIS 10

ArcGIS 10 (ESRI)

ArcGIS 10 (ESRI).

Pembuatan citra komposit landsat 8 (LDCM) dapat dilakukan dengan menggabungkan seluruh atau sebagian band-band yang dimiliki. Peningkatan nilai bit citra landsat dari 8 bit pada landsat 5 dan 7 menjadi 12 bit dan diresample 16 bit pada landsat 8 telah meningkatkan kebutuhan memori penyimpanan pada hardisk. Sebagai dampaknya, waktu processing citra menjadi lebih lama, termasuk di dalamnya waktu yang diperlukan untuk proses komposit band. Guna memperingan kerja komputer serta mempercepat proses kerja software, kita dapat melakukan penggabungan band-band yang hanya diperlukan untuk analisis saja. Misalnya interpretasi visual citra komposit 6-5-3, proses penggabungan cukup dilakukan pada ketiga band tersebut. ArcGIS 10 dengan cukup baik dapat melakukan proses pengkompositan band. Lebih gamblang kita akan menggunakan citra landsat 8 Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai dan sekitarnya. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan :
A. Panggil band 3, 5 dan 6 citra landsat 8 dengan ArcGIS 10.

Komposit_band_citra_landsat_ArcGIS_1

B. Pada ArcToolbox, pilih Data Management Tool (langkah 1), Raster (langkah 2), Raster Processing (langkah 3), Composite Bands (langkah 4).

Komposit_band_citra_landsat_ArcGIS_2

C. Masukkan band-band yang akan digabungkan satu per satu dengan Browse (langkah 1) hingga lengkap 3 band (langkah 2). Pilih ruang penyimpanan untuk file output citra komposit dan beri nama (langkah 3). Jika urutannya seperti gbr di bawah ini, maka band 3 pada citra asli akan menjadi band 1 pada citra komposit, band 5 menjadi band 2 dan band 6 menjadi band 3. Tekan ‘OK’ (langkah 4).

Komposit_band_citra_landsat_ArcGIS_3

D. Untuk melihat hasilnya, berikan checklist pada nama file citra komposit. Jika gambar yang akan ditampilkan adalah band 6-5-3, aturlah band citra komposit pada 3-2-1. Hasilnya seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Komposit_band_citra_landsat_ArcGIS_4

E. Untuk melihat lebih jelas, lakukan zoom. Misalnya kita akan menampilkan komposit band 6-5-3 sebagian kawasan TN Rawa Aopa Watumohai, maka hasil zoom seperti tampak pada gambar berikut.

Komposit_band_citra_landsat_ArcGIS_5

F. Selesai. Selamat mencoba.

Artikel Terkait:
Baca Juga artikel lainnya:

3 thoughts on “Komposit Band Citra Landsat 8 dengan ArcGIS 10

  1. Ping-balik: perbandingan-penafsiran-citra-visual-dan-digital-untuk-analisis-penutupan-lahan-di-kawasan-hutan | Syafraufgisqu.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s