Cara Download Landsat 8 Gratis Melalui EarthExplorer USGS

Landsat 8 (Sumber gbr : http://www.usgs.gov)

Satelit Landsat Data Continuity Mission-Landsat 8 (Sumber gbr : http://www.usgs.gov)

Cara Download Citra Gratis.

Earthexplorer merupakan salah satu situs milik USGS yang menyediakan layanan citra gratis, salah satunya Citra Landsat 8. Sebelum proses download, sebaiknya di komputer kita telah diinstalkan program Java. Mendownload citra landsat pada situs ini tidak terlalu sulit, hanya saja data yang diperoleh memiliki file-file band yang masih terpisah. Untuk mendapatkan citra landsat 8 tersebut gratis, berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan :

  • Buka situs http://earthexplorer.usgs.gov/ dan lakukan pendaftaran dengan mengklik ‘Register’. Lakukan pengisian username, password dan isian lainnya sampai selesai.

cara download landsat 8 _ 1

  • Setelah nama kita terdaftar, lakukan ‘Login’ (langkah 1), masukkan username dan password (langkah 2) dan klik ‘Sign In’ (langkah 3).

cara download landsat 8 _ 2

  • Tunggu sebentar, akan muncul tampilan layar citra benua amerika (default). Pada pojok kanan akan tampil username (nomor 1) menandakan bahwa kita telah masuk dan dapat memanfaatkan fasilitas layanan yang disediakan oleh pengelola web. Klik tombol ‘Path/Row’ (langkah 2), lalu masukkan kode Path dan Row (langkah 3). Daftar kode Path and Row wilayah Indonesia dapat dilihat pada gambar di bawah (file shp Path/Row landsat 8 (WRS-2) seluruh dunia dalam bentuk descending dapat diunduh di sini). Klik tombol ‘Show’ (langkah 4). Secara otomatis akan muncul citra pilihan kita pada gambar sebelah kanan. Selanjutnya masukkan rentang tanggal akuisisi citra landsat yang ingin dimunculkan untuk dipilih yang terbaik (langkah 5). Klik ‘Data Sets’ (langkah 6).

cara download landsat 8 _ 3

Sumber gbr : http://geomonkey.wordpress.com

Kode Path and Row (Sumber gbr : http://geomonkey.wordpress.com)

Sumber gbr : http://geomonkey.wordpress.com

Kode Path and Row (Sumber gbr : http://geomonkey.wordpress.com)

  • Klik Landsat Archive, lalu berikan check list pada kotak sebelah kiri L8 OLI/TIRS sebagai tanda bahwa kita menginginkan tampilan landsat 8 (langkah 1). Klik ‘Results’ (langkah 2).

cara download landsat 8 _ 4

  • Tunggu beberapa saat. Di sebelah kiri citra utama akan muncul beberapa citra yang diakuisisi pada rentang tanggal yang kita minta. Pilih salah satu yang terlihat bersih/bagus gambarnya (langkah 1). Untuk mendownload citra yang kita pilih lakukan klik pada simbol download (langkah 2).

cara download landsat 8 _ 5

  • Di tengah layar akan muncul daftar pilihan data yang dapat kita download. Jika ingin data lengkap maka dapat dilakukan check list semua pilihan. Namun jika hanya ingin mendownload citra landsat 8 nya saja berikan check list hanya pada sebelah kiri kalimat ‘Level 1 Product’ (langkah 1). Lalu klik tombol ‘Select Download Option’. Tunggu dengan sabar, meskipun data telah dikompres, namun data citra landsat 8 ini memerlukan memori penyimpanan cukup besar, umumnya di atas 700 mb, jadi perlu waktu lama untuk download. Jika tidak ingin lama menunggu, gunakan jaringan internet berkecepatan tinggi. Sebagai gambaran, di jaringan internet kampus UI Depok dengan kecepatan download 500 kb/s – 1.2 Mb/s, penulis memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk mendownload 2 citra landsat 8.

cara download landsat 8 _ 6

  • Setelah download selesai, lakukan ekstrak file kompres (uncompress) sehingga terbentuk folder dimana ukuran memori data ini mencapai hampir 2 GB. Di dalam folder terdapat 13 file, terdiri atas 11 file band (kanal), 1 file BQA dan 1 file merupakan metadata citra.

cara download landsat 8 _ 7

  • Untuk membuat 1 file data gabungan dari 11 band penyusun citra maka ke-11 file tersebut perlu di-stacking dengan software remote sensing semacam ERDAS Imagine atau bisa juga dengan ENVI. Cara melakukan proses stacking dengan  ERDAS Imagine dapat dilihat di sini atau dengan ENVI kunjungi artikel di sini. Out put dari proses stacking adalah 1 file yang dapat diatur kombinasi band/kanal yang akan ditampilkan, dapat natural color maupun false color. Untuk area yang penulis pilih, tampilan citra menggunakan kombinasi band true color RGB 6-5-3 pada software ERDAS Imagine dangan hasil terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

cara download landsat 8 _ 8

  • Untuk lebih memperjelas tampilan wilayah, lakukan zoom. Meskipun resolusi spasialnya masih 30 m, terlihat bahwa tampilan landsat 8 ini memang lebih unggul dibandingkan landsat-landsat versi sebelumnya. Satu lagi kelebihan tampilan citra ini adalah tidak adanya striping. Jadi secara umum, kualitas gambar cukup memuaskan, mulus dan informatif dengan adanya banyak pilihan kanal (11 kanal). Gambar di bawah ini merupakan hasil tampilan citra 8 bulan April 2013 pada sebagian kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai wilayah administrasi Kecamatan Lantari Jaya, Kab. Bombana, Prov. Sulawesi Tenggara menggunakan ERDAS Imagine.

cara download landsat 8 _ 9

  • Selain ERDAS, penampilan citra juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan ENVI, hasilnya seperti gambar di bawah ini :
Landsat 8 dengan ENVI

Landsat 8 Kawasan TNRAW dengan ENVI

  • Untuk melihat tampilan piksel, lakukan lagi zoom. Tampilan gambar lebih soft karena didukung oleh warna-warna penyusun yang lebih kaya (berukuran 16 bit).

cara download landsat 8 _ 10

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:
Baca Juga artikel lainnya:

51 thoughts on “Cara Download Landsat 8 Gratis Melalui EarthExplorer USGS

    • harus login dulu kalau mau download. kalo landsat 8 mulai april 2013 baru tersedia. jika fasilitas downloadnya tidak bisa di klik (tulisan huruf miring) berarti harus pesan dulu baru nanti diberitahu kalau sudah siap didownload, artinya tidak semua citra siap didownload setiap saat, khususnya citra2 yg banyak tertutup awan.

  1. Assalamu’alaikum.. Pak Dwi… Saya mau nanya kenapa foto citra satelit untuk daerah sangatta utara, kalimantan timur, indonesia sebagian fotonya ada yang buram… Tolong penjelasannya…?
    Oh iya… Bisa share link download ENVI atau ERDAS Imagine…?

    • waalaikumsalam pak Fathiy, maaf baru balas pak. posisi saya sdg agak terbatas dari jaringan internet. citra satelit khususnya landsat memang adayg kualitasnya bagus dan ada yang jelek. biasanya yg jelek itu karena terlalu banyak tertutup awan. Selain awan, pengganggu citra bisa macam2 spt asap kebakaran, kabut, dll. jadi mendapatkan time series data bulanan citra semuanya bagus agak jarang terjadi. silahkan dipilih aja yang kualitasnya bagus pak, biasanya yg bagus siap lgs didownload. mohon maaf lg, saya tdk memiliki link untuk download envi atau erdas pak. sukses sll, good luck.

  2. asalamualaykum Pak. terima kasih ats tutorial nya…
    sy cb download citra kwsn hutan di wonosalam jombang kok g pernah pas y pak posisinya
    sy blm mengerti penggunaan file shp Path/Row landsat 8 WRS-2.. mohon pencerahannya y pak
    terima kasih

    • Waalaikumsalam Pak. sama2. path/row merupakan kode posisi citra di muka bumi yg dibuat usgs. Path (P) menyatakan baris (vertikal), Row (R) menyatakan kolom (horizontal). Jadi semacam titik koordinatnya citra gt🙂 Untuk jombang silahkan coba masukkan Path = 119; Row = 65. Good luck.

  3. Assalamu’alaikum, Pak. Tutorialnya sangat bermanfaat. Saya punya tugas dari dosen untuk mata kuliah Inderaja, dengan tahun berbeda untuk wilayah kota Parepare, (1999, 2004, 2009, 2013). Yang ingin saya tanyakan bagaimana mendownload citra dengan perbedaan 5 tahun? Dan juga kenapa posisinya di path/row tidak pas? Tolong penjelasannya.
    Terima kasih.

    • Waalaikumsalam wr wb. Silahkan amati gb2 citra tiap titik tahun dan pilih salah satu yang terbaik (sedikit awan) mulai bulan Januari-Desember. Perubahan tutupan lahan 1 ttk th biasanya tidak banyak berubah, jadi masih relevan dan cukup mewakili. Silahkan download 5 ttk th tsb. Untuk Pare-pare, Coba masukkan path 114 row 63. Posisi path/row mengikuti jalur terbang satelit perekam data dan merekam muka bumi se-orthogonal mungkin. Pemotongan citra didasarkan pd ketelitian posisi obyek pada sensor. good luck.

  4. terimakasih infony pak,, namun saya masih penasaran dengan path dan row untuk daerah prov riau karena menurut yang saya baca, riau memiliki beberapa path dan row,, saya coba lihat di link yg bapak berikan : http://geomonkey.wordpress.com/ , tetapi tidak dapat diakses krna web nya di protect.. apakah bapak tau path dan row utk prov riau atau bapak bisa menunjukkan link yg valid untuk melihatnya?? terimakasih sebelumnya pak🙂

    • iya pak, riau py bbrp path dan row. lebih mudah kl bapak download file shp path n row yg sdh sy link kan di atas. nanti akan terlihat berapa area di situ untuk riau. Riau terbagi bbrp area : P=127,R=59; P=127,R=60; P=126,R=59; P=126, R=60; P=126,R=61; P=125,R=60; P=125,R=61. good luck

      • iyaa pak,,untuk file shp nya sudh saya download tetapi saya agak bingung melihatnya pak.. terimakasih banyak ya pak,,jawaban bapak sangat membantu.. ini berkaitan dengan penelitian untuk tugas akhir saya pak,,kalau boleh tau adakah referensi resmi yang bisa dijadikan acuan untuk melihat path dan row prov riau nya pak ? bisa diliat dimana pak?? terimakasih banyak sebelumnya atas jawaban bapak🙂

      • untuk list path/row silahkan ditumpangsusunkan file shp nya dg peta prov riau (bisa dari RBI) lalu catat berapa kotak path/row yg menutupi wilayah riau beserta kode path/row nya. file shp itu referensi dari usgs.

  5. terima kasih mas,infonya mantep banget. smoga menjadi ilmu yang bermanfaat. Saya boleh minta software envi ga mas?yang dalam bentuk rar atau dalam bentuk apa gitu…soalnya saya cari di internet susah downloadnya dan ga nemu-nemu. terima kasih infonya mas,,,

  6. Assalamualaikum, saya mau nanya. saya mau download citra landsat 8 tahun 2012 pada daerah tuban hasilnya no result. sedangkan saya coba download citra landsat 7 ETM+ tahun 2012 untuk daerah tuban tapi semua hasilnya (januari-desember) menunjukkan citra yang bergaris (putus-putus), sehingga tdk bisa saya analisis. kira-kira solusi dan caranya bagaimana ya pak supaya saya bisa mendapat citra yang tidak bergaris baik itu landsat 8 maupun 7 ETM+. terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s