Analisis Risiko Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Dengan Pemanfaatan Pemodelan Spasial*

ABSTRAK

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) merupakan salah satu kawasan konservasi terpenting di Indonesia. Kawasan ini dihuni oleh spesies-spesies endemik Kawasan Wallacea dan memiliki sebaran rawa gambut topogen cukup luas yang masih tersisa, dimana kondisi ini cukup langka untuk Pulau Sulawesi. Kawasan ini sejak tahun 2011 telah berstatus sebagai Situs RAMSAR, yaitu situs yang berdasarkan pada konvensi RAMSAR mewajibkan Indonesia sebagai negara anggota untuk mengelola lahan basah penting internasional di dalam cakupan wilayahnya secara bijaksana dan berkelanjutan. TNRAW juga berperan penting dalam perlindungan dan pengawetan keanekaragaman hayati, penyedia jasa lingkungan dan menjaga sistem penyangga kehidupan. Kawasan tersebut saat ini sedang mengalami beberapa gangguan yang berpotensi mengurangi berbagai fungsinya seperti perambahan, pembalakan, perburuan liar dan kebakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis variabel-variabel yang berpengaruh terhadap kerawanan kebakaran hutan dan lahan di wilayah studi, (2) memetakan risiko kebakaran hutan dan lahan di TNRAW dan desa-desa sekitarnya. Berdasarkan hasil pengujian terhadap masing-masing 14 variabel yang berpengaruh terhadap kebakaran, diketahui bahwa variabel tunggal yang paling berpengaruh terhadap kebakaran di wilayah studi adalah tipe penutupan lahan (R2 = 31%), dimana kelas yang paling rawan adalah penutupan lahan savanna. Model komposit terbaik disusun oleh 8 variabel membentuk model polinomial dengan nilai koefisien determinasi 65 %. Prioritas pengendalian kebakaran hutan dan lahan perlu dilakukan pada zona inti dan zona rimba dengan risiko tinggi (0,34 %) dan risiko sedang (10,30 %) khususnya pada area-area di sekitar Gunung Watumohai.

 

Kata Kunci: Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, model spasial, kerawanan kebakaran

jurnal bakosurtanal kebakaran taman nasional rawa aopa 1jurnal bakosurtanal kebakaran taman nasional rawa aopa 0jurnal bakosurtanal kebakaran taman nasional rawa aopa 2jurnal bakosurtanal kebakaran taman nasional rawa aopa 3jurnal bakosurtanal kebakaran taman nasional rawa aopa 4jurnal bakosurtanal kebakaran taman nasional rawa aopa 5 jurnal bakosurtanal kebakaran taman nasional rawa aopa 6jurnal bakosurtanal kebakaran taman nasional rawa aopa 7

jurnal bakosurtanal kebakaran taman nasional rawa aopa 8jurnal bakosurtanal kebakaran taman nasional rawa aopa 9

Referensi :

Sugiarto DP, Gandasasmita K dan Syaufina L. 2013. Analisis Risiko Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Dengan Pemanfaatan Pemodelan Spasial. Badan Informasi Geospasial. Majalah Ilmiah GLOBE  Vol. 15 No. 1 Hal : 68-76. Bogor.

Keterangan :

*Arsip format Pdf selengkapnya dapat diunduh pada link :  www.geo.ugm.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s