Konversi Atribut Data Spasial Format shp dari ArcGIS ke MS Excel untuk Persiapan Regresi dengan SPSS

Salah satu cara untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kejadian gangguan tertentu di suatu kawasan hutan tertentu adalah dengan melakukan analisis regresi spasial. Untuk mendukung analisis tersebut, data spasial yang sebelumnya berformat shp dapat dikonversi menjadi format MS Excel. Proses konversi ini dapat dilakukan dengan baik oleh ArcGIS. Konversi perlu dilakukan apabila dalam analisis statistik akan dilakukan analisis regresi pada beberapa variabel bebas terhadap variabel tak bebasnya menggunakan software SPSS. ArcGIS sendiri sebenarnya telah cukup mampu meregresikan  beberapa variabel bebas menggunakan analisis statistik khususnya untuk regresi linier. Akan tetapi bagi banyak orang, penggunaan software semacam SPSS sepertinya lebih disukai, karena memang software ini dirancang khusus untuk mengolah data-data statistik.

Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk persiapan data penginput program SPSS tersebut adalah sebagai berikut :

  • Buka ArcGIS, panggil file-file yang akan dilakukan analisis regresi

Shp ArcGIS ke Excel

  • Lakukan intersek data-data spasial pada beberapa variabel yang berfungsi sebagai variabel bebas penyusun regresi logistik dengan ArcGIS. Cara intersect Buka ArcToolbox : Analysis Tools >> Overlay >> Intersect.

Shp ArcGIS ke Excel 2

Shp ArcGIS ke Excel 3

  • Lakukan kembali intersek hasil intersek variabel bebas dengan variabel tak bebasnya sehingga terbentuk data spasial dengan atribut terdiri atas beberapa variabel bebas dan satu variabel tak bebas,

Shp ArcGIS ke Excel 4

  • Lakukan konversi data spasial yang masih berformat shp ke MS Excel. Caranya buka tabel atribute data hasil intersect, lalu eksport data.

Shp ArcGIS ke Excel 5

  • Beri nama file Excel hasil eksport data.

Shp ArcGIS ke Excel 6

  • Buka data MS Excel, Copy data-data tersebut, Paste-kan ke SPSS

Shp ArcGIS ke Excel 7

Shp ArcGIS ke Excel 8

  • Hasilnya akan tampak seperti tampilan berikut ini :

Shp ArcGIS ke Excel 9

5 thoughts on “Konversi Atribut Data Spasial Format shp dari ArcGIS ke MS Excel untuk Persiapan Regresi dengan SPSS

  1. Analisis regresi spasial ini untuk mengetahui faktor2 yg gangguan yg terkait penggunaan lahan? atau juga dapat untuk yg lainnya mas?
    Salam dan sukses selalu sobat…

  2. malam mas…..izin mas saya mengambil sebagian penjelasan mas untuk memperkaya skripsi saya…dan juga jika mas sudi saya ingin menjadi teman konsutasi untuk skripsi saya….mksh mas

  3. Ping-balik: perbandingan-penafsiran-citra-visual-dan-digital-untuk-analisis-penutupan-lahan-di-kawasan-hutan | Syafraufgisqu.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s